Categories
Parenting

Kondisi Sehat Dan Bugar Diperlukan Mamil

Sebelum kita berolahraga, pertama-tama cari tahu tujuan- nya dahulu. Tujuan berolahraga dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu untuk mengejar prestasi, mendapatkan unsur kesenangan (fun), dan mencapai kesehatan serta kebugaran. Untuk mamil tujuannya tentulah untuk mencapai kesehatan serta kebugaran. Bila demikian, maka parameter kesehatan dan kebugaran harus muncul.

Baca juga : kursus bahasa Jerman di Jakarta

Maksudnya, dengan berolahraga, maka derajat kebugaran harus bertambah. Jadi, kalau Mama cepat merasa sesak napas saat berjalan, maka dengan berolahraga, gangguan tersebut seharusnya dapat mereda. Bila Mama pu nya keluhan tekanan darah tinggi, olahraga juga dapat menjadi sarana untuk membantu menurunkannya. Kondisi sehat dan bugar diperlukan mamil untuk menjalani proses persalinan yang lancar. Namun, sebelum berolahraga, Mama perlu berkonsultasi dengan dokter obgin dan dokter spesialis olahraga. Dari pemeriksaan dapat diketahui batasan-batasan berolahraga terkait kondisi kesehatan Mama serta olahraga apa yang cocok atau tidak boleh dilakukan.

MAKSIMAL 6 KALI SEMINGGU Dalam berolahraga, kita perlu memerhatikan program latihan yang mencakup jenis, frekuensi, durasi, dan intensitasnya. Untuk jenis latihan, dalam program harus ada latihan olahraga aerobik, yaitu jenis latihan yang membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok otot dengan oksigen. Olahraga yang termasuk dalam jenis latihan ini di antaranya berjalan, berlari, dan berenang. Frekuensi olahraga yang disarankan bagi mamil di trimester 2 adalah 2?3 kali seminggu.

Setelah mulai terbiasa berolahraga dan me nunjukkan perbaikan kebugaran, frekuensi latihan dapat ditingkatkan menjadi 4?5 kali seminggu, maksimal 6 kali seminggu karena tubuh membutuhkan setidaknya satu hari untuk memulihkan kondisi. Setiap melakukan latihan, durasi yang disarankan adalah 30 menit. Sedangkan intensitas latihan dapat ditentukan dengan menambah jarak atau kecepatan latihan. Jika Mama biasa berjalan kaki 15 menit, misal, maka peningkatan intensitas latihan bisa dilakukan dengan menambah waktu menjadi 30 menit. HITUNG DENYUT JANTUNG Mengukur denyut jantung merupakan cara paling akurat untuk menentukan intensitas latihan. Kita dapat memakai rumus denyut jantung maksimal, yaitu: 220 dikurangi usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *