Categories
Parenting

Perkembangan Motorik Batita Bag2

MENGECEK PERKEMBANGAN MOTORIK 19–24 BULAN Orangtua biasanya dibekali insting untuk menangkap sikap atau per kembangan batita yang tampaknya tidak biasa atau salah. Begitu juga dengan perkembangan fisiknya. Apabila insting Mama mendesak untuk berkonsultasi dengan dokter, lakukanlah. Lagi pula, Mamalah yang paling mengenal si batita.

Baca juga : Kerja di Jerman

Berikut ini tanda-tanda perkembangan fi sik pada anak umur 19 sampai 24 bulan untuk dicermati: ¦ Umur 21 bulan: ? Bisa membalik halaman buku yang kertasnya tebal. ? Mudah naik-turun tangga dengan memegangi pegangan tangga. ? Bisa menendang bola yang besar. ¦ Umur 24 bulan: ? Bisa meng geng gam krayon dan meniru membuat garis vertikal. ? Mencoba berdiri dengan satu kaki. ? Bisa mendorong mainan yang memiliki roda. ? Bisa menendang bola yang besar saat diminta melakukannya. ? Bisa menggunakan sendok dengan baik. ? Bisa berlari dengan baik.

MENGECEK PERKEMBANGAN MOTORIK 25–36 BULAN ¦ Umur 30 bulan: ? Bisa menaiki tangga sendiri menggunakan ke dua kaki secara bergantian. ? Mampu membalik halaman buku yang kertasnya tipis. ? Bisa mengayuh sepeda roda tiga. ? Mampu berdiri dengan satu kaki selama beberapa saat. ¦ Umur 36 bulan: ? Menuruni tangga sendirian dengan menggunakan kedua kaki secara bergantian. ? Bisa menggunakan gunting atau coba memotong sesuatu dengan gunting. ? Bisa berdiri dengan satu kaki dalam waktu yang lebih lama. ¦ Umur 36 bulan: ? Mampu melempar bola dengan mengayunkan tangan di atas bahu.

Mampu mencuci dan mengeringkan tangan sendiri. Itulah sekilas daftar perkembangan si batita. Penilaian dini terhadap kemampuan motorik si kecil, akan membantunya menda pat intervensi bila memang diperlukan. Perlu diketahui, kebanyakan keterlam batan motorik di usia batita bukan karena bawaan, tetapi hanya karena kurang stimulasi dari lingkungan, terutama orangtua. Mama Papa yang sedikit-sedikit ce mas, lalu me larang batitanya bereksplorasi akhirnya akan menghambat perkembangan kemampuan motorikanaknya. Percayalah dengan kemampuan mo torik yang baik, si kecil akan lebih dapat menyesuaikan diri de ngan lingkungan sekitar. Kemampuan beradaptasi juga akan membantunya berteman, terutama saat melakukan kegi atan bersama. Jadi yuk, berikan ruang seluas-luasnya untuk si kecil bereksplorasi.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *