Categories
Resep

8 Tips Menghemat Biaya Pernikahan Tapi Tetap Mewah

Tips Menghemat Biaya Pernikahan – Menyelenggarakan pesta pernikahan mewah identik dengan biaya yang mahal. Tapi bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan jangan berkecil hati, kamu tetap bisa menyelenggarakan pernikahan mewah kok caranya adalah dengan memesan catering makanan di Jakarta.

Sudah sepantasnya jika sebuah pernikahan diselenggarakan dengan acara resepsi. Cara ini diperlukan supaya tetangga, keluarga dan kerabat lainnya tahu bahwa kamu telah membangun keluarga baru dan jangan lupa memesan nasi box untuk selamatan.

 

Dekorasi yang mewah, hidangan lezat hingga serta senyum bahagia pengantin pastinya akan menghiasi acara besar yang kamu selenggarakan.

Tapi bagaimana ya caranya supaya acara yang diselenggarakan tetap mewah walaupun biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Tentu saja ada tipsnya yang bisa kamu simak disini sampai akhir.

 

Tips Menyelenggarakan Pernikahan Mewah dengan Hemat

 

Tidak selalu acara pernikahan yang diselenggarakan menghabiskan biaya banyak. Bagi pasangan pengantin yang ingin acara sederhana dan tidak terlalu mewah tentu akan lebih mudah untuk menghemat biayanya. Tapi jika kamu ingin tetap menyelenggarakan acara mewah dengan biaya terbatas harus melakukan beberapa cara.

Ada banyak tips menghemat biaya pernikahan yang sederhana, tapi bagaimana jika ingin menyelenggarakan pesta mewah dan hemat?

 

Apa saja itu? Berikut ini tips yang bisa kamu ikuti dalam menyelenggarakan resepsi seperti yang dikutip web souljournal.org.

  1. Hanya mengundang kerabat dekat

Tips pertama adalah kamu perlu menyeleksi kembali tamu undangan, karena semakin banyak tamu akan meningkatkan biaya. Jika kamu ingin tetap mengadakan resepsi mewah, pilih tamu dari keluarga mempelai pria dan wanita saja.

Tidak perlu banyak tamu undangan seperti tetangga atau teman dari keluarga yang mungkin saja kamu tidak kenal. Cukup mengundang orang yang kamu benar-benar kenal.

  1. Tidak perlu menggunakan wedding organizer

Sebaiknya hindari untuk menggunakan jasa wedding organizer karena biayanya akan lebih mahal. Kamu bisa membentuk panitia dari keluarga inti saja sehingga menghemat budget. Justru dengan cara ini kamu bisa merancang secara teliti karena ikut terlibat secara langsung.

  1. Pilih undangan digital

Biaya bisa dipangkas tanpa harus mencetak undangan, kamu justru bisa membuat desain undangan digital. Melalui undangan digital kamu bisa memaksimalkan kesan mewah seperti membuat animasi atau video yang menarik. Nantinya undangan bisa disebarkan langsung ke tamu. Lebih praktis dan hemat tapi tetap mewah.

  1. Memilih venue outdoor di hotel

Tidak selalu menyewa ruang di hotel mahal untuk acara pernikahan. Kamu bisa memilih hotel yang berbintang empat atau tiga dan pilih ruangan outdoor. Menyewa taman hotel biasanya lebih murah dibandingkan ballroom.

Selain itu dekorasinya juga bisa dibuat lebih mewah dengan lampu-lampu gantung, pastikan bahwa acara resepsi diadakan malam hari. Karena pesta diadakan di luar ruangan, maka tentukan tanggal pernikahanmu jangan waktu musim penghujan ya.

  1. Pilih catering buffet dan gubuk

Memilih hidangan yang mewah dan murah bagaimana caranya? Kamu bisa memilih makanan yang dihidangkan secara prasmanan karena menunya lebih banyak sekaligus porsinya. Tambahkan juga menu gubuk tiga atau empat macam supaya tamu undangan dapat memilih jenis makanan yang mereka sukai. Supaya terlihat mewah lagi kamu bisa memilih menu makanan barat seperti zuppa soup, bistik, poffertjes, dll.

  1. Manfaatkan jasa milik teman

Pembuatan undangan, dekorasi bahkan untuk sewa gaun pengantin supaya bisa mendapat lebih murah kamu bisa menggunakan jasa milik teman. Jika temanmu memiliki bisnis tersebut jangan ragu untuk meminta bantuan mereka. Karena pastinya akan mendapatkan harga yang lebih murah, tapi kamu bisa memilih desain undangan hingga gaun pengantin yang mewah.

  1. Memilih acara resepsi di hari kerja

Hari akad nikah bisa saja dilangsungkan di hari yang berbeda dengan resepsi. Kamu bisa kok mengadakan resepsi di hari kerja supaya sewa venue dan juga catering lebih mudah dan juga murah. Dengan begitu kamu bisa fokus untuk membuat dekorasi dan pesanan menu makanan yang lebih mewah.

  1. Memilih souvenir yang unik

Terakhir jangan lupa yaitu pemilihan souvenir, supaya tampak mewah kamu bisa memilih souvenir yang unik atau berfungsi. Misalnya saja souvenir bibit tanaman, dompet kulit atau dompet rajut, coklat atau biji kopi dalam gelas, dan masih banyak lainnya. Semakin kreatif souvenir yang kamu pilih pastinya akan mendapat harga yang lebih murah.

Nah, mulai dari sini kamu gak akan bingung lagi untuk menyelenggarakan acara pernikahan yang mewah tapi tetap hemat dan semoga saja informasi ini dapat bermanfaat yah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *